Selasa, 17 Januari 2012

Software Wajib Untuk Laptop atau Netbook


Laptop maupun netbook menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan komputer biasa, terutama karena ringan dan bisa kita bawa kemanapun anda suka. Tetapi di mana ada kelebihan disitu juga ada kelemahan. Beberapa kelemahannya antara lain daya tahan baterry, keyboard dan touchpad yang terkadang mengganggu kinerja kita ketika sedang mengetik menggunakan keyboard.

Berikut beberapa software yang sebaiknya terpasang di laptop atau netbook anda.

1.  TouchFreeze atau TochpadPal
Touchpad di laptop/netbook memang sangat membantu ketika kita bekerja tanpa mouse. Tetapi terkadang Touchpad juga dapat membantu kinerja kita ketika kita sedang mengetik menggunakan laptop/netbook, tanpa sengaja kita menyentuk / menekan touchpad tersebut sehingga akhirnya akan merubah posisi kursor yang akan mengakibatkan huruf yang akan kita ketik berada di posisi yang tidak semestinya. 

Tetapi ada beberapa laptop yang di dalamnya terdapat aplikasi untuk menon-aktifkan touchpad. Periksalah aplikasi Synaptics Touchpad, Synaptics Pointing Device atau sejenisnya sebelum anda mendownload software ini. Jika laptop anda dilengkapi dengan aplikasi ini, maka anda bisa langsung menon-aktifkannya melalui tombol khusus di keyboard. Tetapi jika laptop anda tidak memiliki aplikasi pengatur touchpad ini, maka alternatifnya adalah menggunakan TouchFreeze.
Apabila TouchFreeze sudah dijalankan maka otomatis Touchpad akan di non-aktifkan., sehingga akan mencegah kursor berjalan tanpa disengaja. Nah, supaya tidak bolak-balik menon-aktifkan TouchPad lebih baik anda gunakan mouse ketika anda sudah menon-aktifkan Touchpad.
Download TouchFreeze (251 KB).
Jika TouchFreeze tidak berjalan, coba gunakan software TouchpadPal (443 KB). 

2.  AutoSensitivity
Masalah lain yang berhubungan erat dengan TouchPad adalah sensivitas. Kadang respon tekanan untuk klik maupun double klik terlalu cepat maupun terlalu lambat, termasuk juga ketika kita menggerakan kursor. Nah ada aplikasi yang bisa mengatur sensivitas pada Touchpad dan Mouse. Klik tombol Get Current untuk melihat settingan yang sedang kita gunakan.

Aplikasi ini mungkin tidak bisa berjalan di semua hardware. Program ini hanya dapat dijalankan pada Windows Xp, Vista dan Windows 7 dan memerlukan .NET Framework 3.5 atau 4.0.
*Catatan : Download link yang disediakan dalam bentuk .application (2 KB), setelah download file ".application" tersebut, klik dua kali untuk download aplikasi sebenarnya secara online (ukuran file sebenarnya sekitar 50 KB).
 Download AutoSensitivity 


3.  Aerofoil  
Kendala lain ketika menggunakan laptop/netbook adalah daya tahan baterai yang hanya beberapa jam saja, apalagi jika kita menggunakan windows vista maupun windows 7 dengan setting Aero Glass yang diaktifkan maka penggunaan baterai sudah dipastikan akan lebih boros. Aerofil merupakan program gratis dan open source yang sangat bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut.

Ketika laptop / netbook sedang diaktifkan dan dalam keadaan menggunakan baterai, Aerofol secara otomatis akan menon-aktifkan beberapa fitur windows yang cukup banyak memakan daya seperti misalnya Aero Glass. Aplikasi ini tersedia baik untuk 32bit maupun 64bit dan penggunaan memorinya relatif kecil. Tenang aja boss :)
Download Aerofil 

4.  CoreTemp
Suhu di laptop / netbook harus diwaspadai dan diperiksa agar tidak terdapat suhu yang berlebihan di dalam laptop / netbook anda. Nah berikut terdapat software gratis untuk membantu kita memantau suhu dan penggunaan processor.

Setelah di install, aplikasi ini dapat di set agar aktif di system tray dan menampilkan informasi suhu processor, penggunaan cpu baik dalam persen maupun clock CPU dalam GHz. Dari menu 'options' kita bisa mengatur berbagai hal, mulai dari tampilan sampai peringatan jika suhu terlalu tinggi.
Download CoreTemp 32 bit (307 KB) atau CoreTemp 64bit (344 KB).

Demikian beberapa aplikasi gratis untuk laptop maupun netbook anda. Semoga bermanfaat :)
Jangan lupa LIKE THIS ya

Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar